RPP kelas 3 Tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup Subtema 4 pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan      : SD Muhammadiyah Karangtengah
Mata Pelajaran            : Tematik (Bahasa Indonesia, SBDP, Matematika)
Kelas                           : III (Tiga)
Tema                           : Tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
Subtema                      : Subtema 4 pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
Pembelajaran               : Pembelajaran ke 1
Alokasi Waktu            : 2 X 35 menit
Hari/Tanggal               : Rabu/15 Agustus 2018

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam  berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual, konseotual, prosedural, metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis,dalam karya yang estetis, dalam gerak yang mencerminkan anak sehat dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4  Menggali informasi teks dongeng tentang kondisi alam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4.1      Membaca teks yang berisi tentang perkembangbiakan tumbuhan
3.4.2      Menjelaskan secara lisan cara tumbuhan berkembangbiak
3.4.3      Mendiskusikan jawaban dari bacaan perkembangbiakan pada tumbuhan
4.4  Menyampaikan teks dongeng tentang kondisi alam dalam bentuk permainan peran secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4.1      Menuliskan cerita tentang pengalaman pribadi dengan menggunakan kosakata yang tepat
4.4.2      Melaporkan secara lisan cerita tentang pengalaman pribadi dengan menggunakan kosakata yang tepat


SBDP
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4  Mengetahui cara mengelolah bahan alam dan buatan untuk membuat karya
3.4.1      Menyebutkan contoh bahan alam yang dapat dibuat karya seni
3.4.2      Menjelaskan cara membuat karya seni dengan bahan alam
4.4  Membentuk karya imajinatifdari bahan lunak
4.1.1      Membuat karya seni mosaik dari bahan alam
4.1.2      Menuliskan cerita pengalaman pribadi tentang karya seni
4.1.3      Menceritakan secara lisan pengalaman pribadi tentang karya seni

Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3  Membandingkan dan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung dengan menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat)
3.3.1     Menghitung pembagian dengan cara pengurangan berulang dan bersusun panjang
3.3.2     Mencatat contoh pembagian dengan cara pengurangan berulang dan bersusun panjang
4.3  Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan dan pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.3.1      Membuat penyelesaian pembagian bilangan dengan cara pengurangan berulang dan bersusun panjang

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan dan menjelaskan cara tumbuhan berkembangbiak dengan benar
2.      Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya seni dengan baik
3.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menjelaskan cara membuat karya seni dengan bahan alam dengan lancar
4.      Setelah melihat contoh, siswa mampu membuat karya seni mosaik dari bahan alam dengan rapi
5.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menghitung pembagian dengan cara pengurangna berulang dan bersusun panjang dengan tepat

D.    Materi Pembelajaran
1.      Bahasa Indonesia          : Teks bacaan perkembangbiakan tumbuhan
2.      Matematika                    : Pembagian bilangan bulat
3.      SBDP                            : Karya seni mosaik

E.     Pendekatan/Model/Metode
Pendekatan             : Scientific learning
Metode                   : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, dan Pengamatan
Model                     : Cooperative learning

F.     Mediadan Sumber Belajar
1.      Media
-          Buku
-          Tumbuhan disekitar
2.      Sumber Belajar
a.       Buku pendampiing tematik terpadu: (buku penilaian BUPENA, SD kelas 3, erlangga: Jakarta, 2018)

G.    Fokus Penguatan Karakter
1.      Religius              : Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran
2.      Tanggungjawab : Mengerjakan tugas

H.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Mengkondisikan kelas dan mengecek kesiapan siswa dalam menerima pelajaran
3.      Salah satu siswa di minta untuk memimpin doa
4.      Mengecek kehadiran siswa
5.      Melakukan apersepsi
6.      Memotivasi siswa
7.      Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, tujuan kegiatan pembelajaran, dan manfaat pembelajaran
8.      Guru memulai pembelajaran dengan menulis judul pembelajaran di papan tulis
5 Menit
Kegiatan Inti
1.       Siswa membaca teks bacaan perkembangbiakan tumbuhan (buku BUPENA halaman 77).
2.       Siswa lain mendengarkan dan menyimak siswa yang membaca
3.       Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang perkembangbiakan pada hewan
4.       Salah satu siswa diminta untuk menyebutkan cara tumbuhan berkembangbiak
5.       Siswa menyebutkan contoh tumbuhan dan bagaimana cara tumbuhan tersebut berkembang biak.
6.       Siswa mengerjakan pertanyaan nomor 1 dari bacaan perkembangbiakan tumbuhan (buku BUPENA halaman 78)
7.       Siswa bersama guru berdiskusi tentang jawaban dari soal nomor 1
8.       Salah satu siswa diminta untuk membacakan jawaban
9.       Guru menyanyakan ke siswa yang lain. Apakah ada jawaban yang berbeda ? jika ada maka siswa tersebut membacakan jawabannya
10.   Siswa medengarkan penjelasan dari guru tentang pembagian bilangan (buku BUPENA halaman 80)
11.   Siswa memperhatikan contoh yang diberikan dari guru
12.   Siswa menulis contoh pembagian bilangan dengan cara pengurangan berulang dan cara bersusun panjang
13.   Guru memberikan contoh sederhana di papan tulis
14.   Siswa mengerjakan soal di buku latihan
15.   Guru mendampingi siswa dalam pengerjaan soal
16.   Jika sudah selesai mengerjakan siswa diminta untuk menuliskan jawabannya di papan tulis
17.   Siswa bersama guru membahas jawaban
18.   Siswa mengerjakan latihan soal (buku BUPENA halaman 81)
19.   Siswa mengumpulkan pekerjaannya
20.   Guru menanyakan apakah ada pertanyaan untuk pelajaran pembagian bilangan ?
21.   Siswa membaca teks bacaan karya seni mosaik (buku BUPENA halaman 78)
22.   Siswa diminta untuk menyebutkan contoh bahan alam yang dapat dibuat karya seni
23.   Siswa mejelaskan cara membuat karya seni dengan bahan alam (seperti di teks bacaan)
24.   Siswa membetuk kelompok sebanyak 6 kelompok
25.   Setiap siswa mendapatkan satu lembar kertas yang sudah ada gambar
26.   Setiap kelompok mendapatkan bahan alam dan lem  untuk membuat karya seni mosaik
27.   Siswa bersama kelompoknya mulai menempelkan bahan alam dikertas yang sudah disediakan
28.   Guru mendampingi pekerjaan siswa
29.   Setelah selesai salah satu perwakilan kelompok mengumpulkan karya seni teman kelompoknya
55 Menit
Penutup
1.      Siswa di arahkan untuk menyimpulkan pelajaran
2.      Siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan materi yang belum di mengerti
3.      Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang pembelajaran, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari
4.      Guru menjelaskan secara singkat tentang materi yang akan dibahas dipertemuan selanjutnya. Sehingga siswa mempersiapkan materi yang harus dipelajari.
5.      Guru menutup pembelajaran dengan memberikan kesempatan kepada seorang siswa untuk memimpin doa di akhir pembelajaran.
10 menit

I.       Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Penilaian Sikap
a         Jenis / teknik penilaian   : pengamatan
b        Bentuk instrumen
No
Aspek
Skor (1-4)
1
Tanggung Jawab
Berupaya menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan.
Menggunakan waktu secara efesien untuk mengerjakan seluruh tugas.
Melaporkan setiap peristiwa yang memerlukan penanganan guru.

2
Disiplin
Hadir tepat waktu.
Mengikuti seluruh proses pembelajaran.
Selesai tepat waktu.

3
Kerjasama
Tidak mengganggu siswa lain.
Membantu menyiapkan dan merapikan peralatan pembelajaran

Total skor

c         Pedoman penskoran
1)      Penskoran
Skor 4 : Jika semua indikator ditunjukkan oleh peserta
Skor 3 : Jika tiga indikator ditunjukkan oleh siswa
Skor 2 : Jika dua indikator ditunjukkan oleh siswa
Skor 1 : Jika satu indikator ditunjukkan oleh siswa
2)      Pengelolaan skor
Skor maksimal                                   : 12
Skor peolehan siswa                          : SP
Nilai sikap yang diperoleh siswa       : SP/12 X 4
Rentang nilai sikap                            :


Nilai
Predikat
Nilai Sikap
0,00 < Nilai ≤ 1,00
D
Kurang
1,00 < Nilai ≤ 1,33
D+
1,33 < Nilai ≤ 1,66
C-
Cukup
1,66 < Nilai ≤ 2,00
C
2,00 < Nilai ≤ 2,33
C+
2,33 < Nilai ≤ 2,66
B-
Baik
2,66 < Nilai ≤ 3,00
B
3,00 < Nilai ≤ 3,33
B+
3,33 < Nilai ≤ 3,66
A-
Sangat Baik
3,66 < Nilai ≤ 4,00
A

2.      Penilaian Pengetahuan
a    Jenis / teknik penilaian : Uji tulis
b   Bentuk instrumen
No
Aspek dan Soal
Jawaban
1


2


3


4


5


c      Pedoman Penskoran
1)      Penskoran
Skor 4 : Jika jenis disebut secara benar dan lengkap
Skor 3 : Jika jenis disebut secara benar tetapi kurang lengkap
Skor 2 : Jika jenis disebut secara sebagian benar dan kurang lengkap
Skor 1 : Jika jenis disebut secara sebagian benar dan tidak lengkap
2)      Pengolahan skor
Skor maksimal                                       : 20
Skor peolehan siswa                              : SP
Nilai sikap yang diperoleh siswa           : SP/20 X 4
Rentang nilai sikap                                :
Nilai
Predikat
0,00 < Nilai ≤ 1,00
D
1,00 < Nilai ≤ 1,33
D+
1,33 < Nilai ≤ 1,66
C-
1,66 < Nilai ≤ 2,00
C
2,00 < Nilai ≤ 2,33
C+
2,33 < Nilai ≤ 2,66
B-
2,66 < Nilai ≤ 3,00
B
3,00 < Nilai ≤ 3,33
B+
3,33 < Nilai ≤ 3,66
A-
3,66 < Nilai ≤ 4,00
A





Menyetujui,
Yogyakarta, 14 Agustus  2018


Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran




.........................................
NIP.




..................................................
NIP.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fotosintesis